Analisis Pendapatan Dan Profitabilitas Usaha Ternak Ayam Pedaging Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati

P. M. Puspita, S. I. Santoso, W. Sarengat

Abstract


Sebuah penelitian bertujuan  untuk mengetahui besarnya biaya produksi, penerimaan dan pendapatan usaha serta untuk mengetahui tingkat profitabilitas pada usaha peternakan ayam pedaging di Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Penelitian ini dilaksanakan di Peternakan ayam pedaging di Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi (pengamatan). Jenis data dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui pengamatan langsung dan hasil wawancara dengan  menggunakan kuesioner mengenai aspek teknis dan keuangan. Data primer berupa data “Time Series” selama bulan Januari-Desember 2014. Analisis kuantitatif diuji menggunakan one sample t-test, untuk membandingkan nilai profitabilitas terhadap suku bunga deposito perbankan. Berdasarkan hasil penelitian pendapatan bersih usaha peternakan ayam broiler di Kecamatan Cluwak pada tahun 2014 mencapai Rp 40.998.101. Nilai profitabilitas yang dicapai pada tahun 2014 sebesar 7,52%. Berdasarkan one sample t-test perbandingan profitabilitas dengan suku bunga deposito perbankan, menunjukkan hanya terdapat satu perusahaan dari 5 perusahaan inti yang berbeda nyata (P≤0,05), sedangkan keempat yang lain tidak berbeda nyata (P>0,05). Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Profitabilitas sebagian besar peternak plasma dari seluruh perusahaan inti di Kecamatan Cluwak menghasilkan keuntungan melalui angka profitabilitas yang lebih besar dibanding suku bunga deposito bank.

Keywords


ayam pedaging; pendapatan; profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Cepriadi, E. Maharani dan N. Maureen. 2010. Analisis perbandingan pola kerjasama kemitraan peternak ayam broiler di kota Pekanbaru (Studi Kasus PT. Ramah Tamah Indah). Jurnal Peternakan 7 (1):20-27

Ibrahim, Y. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Rineka Cipta, Jakarta.

Pambudi, T. R. O. D. Edy dan N. N. Hidayat. 2013. Analisis keuntungan dan rentabilitas usaha ayam niaga pedaging (studi kasus pada kemitraan ismaya unggas makmur di Kabupaten Kebumen). Jurnal Ilmiah Peternakan 1 (3): 1128-1135.

Rizki, A 2012. Analisis Risiko Produksi Ayam Broiler pada Peternakan Bapak Maulid di Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Bukit Baru Kota Palembang. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Suryana. 2013. Kewirausahaan, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat, Jakarta.

Suwianggadana, I. P. A., Suciani, dan N. P. Sariani. 2013. Analisis finansial usaha peternakan ayam pedaging dengan pola kemitraan. Peternakan Tropika 1 (2):58 – 68.

Tamalludin, F. 2014. Panduan Lengkap Ayam Broiler. Penebar Swadaya, Jakarta.

Utomo, H.R., H. Setiyawan dan S.I. Santoso. 2015. Analisis profitabilitas usaha peternakan ayam broiler dengan pola kemitraan di kecamatan Limbangan kabupaten Kendal. Animal Agriculture Journal, 4 (1):7-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.36626/jppp.v13i24.93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

 

UPPM Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma)

Jl.Magelang Kopeng Km7, kotak pos 152, Tegalrejo Magelang 56101
Telp. 0293-364188, Fax 0293-364188.