Evaluasi Kinerja Penyuluh Thl-Tbpp Berbasis Permentan N0.91/Permentan/Ot.140/9/2013 Dan Analisis Faktor Yang Mempengaruhinya, Di Kabupaten Magelang
DOI:
https://doi.org/10.36626/jppp.v11i21.122Keywords:
Evaluasi, Kinerja, Penyuluh THL TBPPAbstract
Penelitian evaluasi kinerja penyuluh pertanian yang berstatus Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) di Kabupaten Magelang berpedoman kepada Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 91/Permentan/OT.140/9/2013 tentang pedoman Evaluasi Kinerja Penyuluh Pertanian. Penelitian ini dilakukan dengan metode sensus dengan jumlah penyuluh pertanian THL-TBPP, dengan menggunakan isntrumen penilaian Formulir IA dilakukan pada bulan Oktober sampai Desember 2014. Setelah diolah menggunakan teknik analisis statistic deskriptif memberikan hasil sebagai berikut: 1) Prestasi kerjanya sangat baik, sebanyak 6 orang (6,3%);2) Prestasi kerja baik sebanyak 27 orang (28,7%); 3) Prestasi kerja cukup sebanyak 55 orang (58,5%);4) Prestasi kerja kurang sebanyak 5 orang (5,3%); dan 5) Prestasi kerja buruk sebanyak 1 orang (1,2%). Rata-rata kinerja penyuluh pertanian yang berstatus THL-TBPP di kabupaten Magelang, mempunyai nilai 73 berada dalam interval 61-75 berdasarkan peraturan Menteri Pertanian Nomor: 91/Permentan /OT.140/2013 yang berarti masuk kategori cukup. Hasil analisis korelasi nilai prestasi kerja (NPK) penyuluh pertanian berhubungan erat dengan kepuasan kerja, tanggungjawab, kompensasi kerja, lingkungan kerja dan keinginan atau harapan masa depan. Hasil analisis regresi menunjukkan secara signifikan NPK dipengaruhi oleh kepuasan kerja, lingkungan kerja, dan keinginan atau harapan masa depan yang lebih baik.References
Juliansyah, Noor. 2012. Penelitian Ilmu Manajemen Tinjauan Filosofis dan Praktis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mangkunegaran, Anwar Prabu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Permentan No. 91/Permentan/0t.140/9/ 2013, tentang Pedoman Evaluasi Kinerja Penyuluh Pertanian.
Simamora, H. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE-YKPN.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Widoyoko, 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
http://www.gerbangpertanian.com/2010/04/ dasar-hukum-pedoman-pembinaanthl-tbpp.html
http://birokrasi.kompasiana.com/2013/04/1
/delapan-fakta-tentang-thl-tbpp-
html http://definisiahli.blogspot.com/2013/05/def inisi-penilaian-kinerja-menurut- ahli.html
http://ekonomi.kompasiana.com/manajeme n/2013/10/01/metode-penilaian- , kinerja-.594738. html. Diakses pada 17 Februari 2014.