Perencanaan Sosial Media Marketing Kerupuk Susu Melalui Media Sosial Facebook sebagai Media Penyuluhan

Andi Warnaen, Riyanto Riyanto, Helvi Tiara Rosa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun perencanaan, mengimplementasi dan mengetahui efektifitas social media marketing terhadap keputusan pembelian produk krupuk susu melalui media sosial Facebook. Metode kajian yang digunakan untuk penelitian ini observasi dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan tindakan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Analisis dalam kajian observasi ini yaitu metode penentuan model pemasaran melalui FGD, penentuan untuk pengembangan yaitu efektivitas pemasaran. Perencanaan social media marketing dilakukan dengan studi pustaka, observasi dan FGD. Perencanaan dilakukan dengan mengikuti alur perencanaan social media marketing yaitu menyusun tujuan dan sasaran, melakukan audit media sosial, membuat atau memperbaiki akun media sosial, mengumpulkan inspirasi pemasaran media sosial, membuat rencana pemasaran konten dan kalender konten sosial media serta evaluasi social media marketing dilaksanakan memalui media sosial Facebook dengan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas pemasaran dalam penelitian ini terdapat pada kategori sangat efektif dengan nilai persentase 187% yaitu lebih dari (>) 100% hal ini termasuk dalam kategori sangat efektif. Sehingga social media marketing selain digunakan sebagai media pemasaran akan tetapi sebagai media penyuluhan pertanian.


Full Text:

PDF

References


Amalia, R. (2019). Langkah-Langkah Rancangan Sosial Media Marketing (SSM) Meningkatkan Penjualan. Semarang: Undip Press.

Freddy. (2009). Mengukur Efektivitas Program Promosi & Analisis Kasus Menggunakan SPSS. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kartajaya, H. (2009). New Wave Marketing, The World is Still Round the Market is Already Flat. Gramedia. Indonesia.

Kemp, S. (2021). DIGITAL 2021: INDONESIA. Retrieved May 28, 2021, from https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia.

Munawaroh, F. Y., Riyanto, & A. Warnaen. (2019). Pengaruh Desain Pesan Video Intruksional Terhadap Persepsi Petani Tentang Trichompos. Komunikasi, 13(01), 27-40.

Naimah, L. M. dan Rahmadhani, E. (2022). Pengaruh Besar Desain Produk terhadap Minat Konsumen Pecinta Teh Poci. Jurnal Mahasiswa Manajemen UNITA, 1(1), 24-31.

Saleh, A. M., Kuswono, N. M. A., & Sayyid, A. N. (2020). Communipreneur: Model-model Komunikasi Kreatif di Era Industri 4.0. Malang: Inteligensia Media.

Setiadi, Nugroho J. (2010). Perilaku Konsumen. Cetakan 4. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.

Setiawan, Iwan dan Yosanova Savitry. (2016). New Content Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Syaharullah, Yahya, M., & Syarif. (2021). Penggunaan Facebook dalam Promosi Produk Barang Jadi. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 12(2), 27-38.

Triyaningsih, SL. (2011). Dampak Online Marketing melalui Facebook terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 11(2), 172-177.

Vilory, V. (2020). 12 Tips dan Contoh Desain Iklan Facebook dan Instagram yang Menarik. Retrieved June 15, 2021, from https://journal.revou.co/desain-iklan-facebook-instagram-ad/.

Wei, K. K., Jerome, T., & Shan, L. W. (2010). Online Advertising: A Study of Malaysian Consumers. International Journal of Business and Information; Sansia, 5(2), 111-134.

Wogo, A. N. (2020). Penggunaan Instagram dan Facebook sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen di Toko Sahabat Ponsel Duta Mall Banjarmasin. Skripsi, Universitas Islam Kalimantan MAB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.