PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN PADA PEMBELIAN PRODUK JAMU GODHOG ASAM URAT (STUDI KASUS P4S MENOREH HERBAL MAGELANG)

Erni Noviani, Ananti Yekti, Agus Wartapa

Abstract


ABSTRAK: Kajian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan konsumen produk jamu godhog asam urat Menoreh Herbal. Dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2022, penentuan lokasi dilakukan secara purposive sampling dan penentuan responden secara judgment sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan panduan kuesioner. Proses pengambilan keputusan yaitu melalui pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Konsumen membeli produk berdasarkan motivasi pengobatan penyakit dan memelihara kesehatan, konsumen mengenal sejak beberapa tahun lalu melalui teman/saudara. Konsumen memutuskan membeli secara terencana, didominasi oleh pengkonsumsi dan membeli langsung di kedai Menoreh Herbal. Konsumen mengkonsumsi jamu godhog asam urat rata-rata seminggu sekali, konsumen merasakan kepuasan setelah melakukan pembelian produk dan akan menyarankan produk tersebut kepada orang lain.

Kata kunci: Analisis Deskriptif, Jamu Godhog Asam Urat, Pengambilan Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF PDF PDF

References


Andriani, A. (2016). Pengaruh Pemberian Air Rebusan Daun Salam (Syzygium Polyanthum) Terhadap Penurunan Kadar Asam Urat. Jurnal Iptek Terapan, 112119.

Dwisatyadini, Mutimanda. (2017). Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi untuk Mewujudkan Smart City. Tangerang: Universitas Terbuka

Ekadipta, E., & Arthono, A. (2020). Analisis Prefensi Konsumen Jamu Dalam Kemasan di Wilayah Jabodetabek. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Kesehatan Modern Dan Tradisional - Diseminasi Penelitian.

Junaidi, I. (2013). Rematik dan Asam Urat.Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lailatul Mufidah, K. T. (2021). Pengaruh Personal Selling dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Jamu Herbal Bio7 Di Gerai Bio7 Cabang Cimaung Kabupaten Bandung Skripsi. STIE STAN, 7(3).

Mumpuni, Y., & Wulandari, A. (2016). Cara Jitu Mengatasi Asam Urat. Yogyakarta: Rapha Publishing.

Ristin, L., & Suprapti, I. (2020). Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Produk Jamu Tradisional Madura. Agriscience, 1(1). https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i1.7785

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia indonesia.

Yenrina, R., & Krisnatuti, D. (2008). Diet Sehat untuk Penderita Asam Urat. Jakarta: Penebar Swadaya.




DOI: https://doi.org/10.55259/jiip.v30i1.817

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats