ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN DAN KUALITAS ORGANOLEPTIK SATE DARI DAGING BERBEDA DI KOTA SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.36626/jppt.v6i2.1374Abstract
Faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap sate ayam, sate kambing, sate payau, sate kelinci dan sate buaya serta preferensi konsumen terhadap kualitas organoleptik sate ayam, sate kambing, sate rusa (payau), sate kelinci dan sate buaya. Penelitian ini untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap sate ayam, sate kambing, sate rusa (payau), sate kelinci dan sate buaya.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober hingga Desember 2017 di Kota Samarinda. data yang diambil meliputi data primer dan sekunder. Metode penentuan lokasi sampel dilakukan secara sengaja. Metode penentuan jumlah sampel dilakukan secara proporsional dan metode penentuan sampel dilakukan secara insidentil. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan skala semantik differential.
Hasil penelitian menunjukan preferensi konsumen terhadap kebutuhan 13,81, manfaat dan gizi 13,75, pilihan alternatif 11,25, keputusan pembelian 11,88, perilaku setelah pembelian 11,88, faktor kebudayaan11,69, faktor sosial 11,13, pribadi 16,13 psikologi 10,57, kualitas rasa 16,81, kualitas tekstur 14,44, kualitas aroma 12,19 dan kualitas warna 11,26
Penelitian ini menunjukan preferensi konsumen tertinggi terhadap sate adalah karena kebutuhan dengan rata-rata 13,81 termasuk kategori sedang. Faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen sate adalah faktor pribadi dengan persentase 32,57%. Preferensi konsumen sate terhadap kualitas organoleptik adalah karena rasa dengan persentase 30,74%.
Kata kunci: Preferensi konsumen, Indikator, Organoleptik, Sate
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


