Strategi Komunikasi Pemasaran Indomaret Dalam Pemasaran Telur Omega-3 Produk So Good Omega Egg Dan Ox Omega Melalui Media Sosial Dan Aplikasi Klik
DOI:
https://doi.org/10.36626/jppt.v6i2.1332Keywords:
Characteristics, Marketing Communication, social media, e-commerce, Click IndomaretAbstract
Telur Omega-3 memiliki banyak manfaat diantaranya menurunkan trigliserida, Menurunkan kolesterol jahat, Menjaga kesehatan jantung, Meningkatkan kesehatan otak, Menjaga kesehatan mata, Menjaga kesehatan kulit dan rambut, Memenuhi asupan protein, Menurunkan risiko gangguan mental. Penelitian ini dilakukan di Indomaret yang ada di daerah Magelang, Temanggung, Yogyakarta, dan Surakarta dari 5 Oktober hingga 10 Desember 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan Strategi komunikasi pemasaran Indomaret dalam pemasaran telur Omega-3 produk SO GOOD Omega Egg DAN OX Omega melalui media sosial dan aplikasi Klik Indomaret. Penelitian ini menggunakan teori SMCR (Source, Media, Channel, Receiver). Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari Indomaret dengan teknik penarikan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dan Accidental Sampling, kemudian wawancara, dokumentasi serta referensi yang berkaitan dengan penelitian. Strategi komunikasi pemasaran telur Omega-3 melalui media sosial dan aplikasi Klik Indomaret adalah dengan menerapkan elemen–elemen Bauran Pemasaran (4P Marketing Mix) yaitu harga (price), produk (product), tempat (place) dan promosi (promotion) yang dipadukan dengan elemen–elemen Bauran Promosi (Promotional Mix) yaitu iklan (advertising), penjualan tatap muka (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), publisitas (publicity) dan pemasaran langsung (direct marketing). Hasilnya menunjukkan strategi komunikasi pemasaran dengan efektivitas komunikasi pemasaran di kategori "Efektif". Secara keseluruhan, faktor-faktor seperti usia, pendidikan, pengalaman membeli telur, dan intensitas pembelian konsumen secara bersama-sama berpengaruh sangat signifikan terhadap tingkat promosi. Secara spesifik, usia dan pendidikan memiliki pengaruh signifikan, sementara pengalaman belanja produk melalui media sosial memberikan pengaruh sangat signifikan terhadap minat pembeli. Namun, pengalaman belanja produk melalui aplikasi klik Indomaret tidak signifikan dalam mempengaruhi tingkat pembelian produk.
References
Armstrong, G. (2001). Dasar-dasar pemasaran. Jakarta: PT. INDEKS Gramedia.
Assauri, S. (2007). Manajemen pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azwar, S. (1998). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bogdan, R., & Taylor, S. J. (2004). Kualitatif dasar-dasar penelitian. Surabaya: Usaha Nasional.
Duncan, T. (2005). Principles of advertising & promotion to build brand (2nd ed.). McGraw-Hill.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu teori dan filsafat komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Jefkins, F., & Maharani, N. (Ed.). (2004). Public relation. Jakarta: Erlangga.
Keegan, J. W. (2003). Manajemen pemasaran global. Jakarta: PT. INDEKS Gramedia.
Kotler, P. (2016). Marketing management (15th ed., Global Edition). New York: Pearson.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2000). Dasar-dasar pemasaran (A. Sindoro, Trans.). Jakarta: Prenhallindo.
Kriyantono, R. (2006). Tehnik praktis riset komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.
Moleong, L. J. (1993). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif (Revised ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Oliver, S., Sumiharti, Y., & Indriati, Y. (Eds.). (2006). Strategi public relations. Jakarta: Esensi Jakarta Group.
Ruslan, R. (2003). Metode penelitian public relation dan komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Shimp, T. A. (2003). Periklanan & promosi: Aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Erlangga.
Soegiyono, M. (2007). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sulaksana, U. (2003). Integrated marketing communication. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Swastha, B., & Basu, D. H. (1999). Manajemen pemasaran. Yogyakarta: Modern Liberty.
Tjiptono, F. (2001). Strategi pemasaran (2nd ed.). Yogyakarta: Andy.
Wawancara Supervisor Indomaret.
Zubaedi. (2013). Pengembangan masyarakat wacana dan praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.