STRATEGI PEMASARAN SIMPLISIA KUNYIT (Curcuma domestica Val) (STUDI KASUS PADA P4S MENOREH HERBAL)

Muhammad Dwi Fauzan, Siti Astuti, Hermawan Hermawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal (IFAS) dan faktor eksternal (EFAS) serta merumuskan alternatif strategi pemasaran simplisia kunyit (Curcuma domestica Val) pada P4S Menoreh Herbal yang berlokasi di Jl Pule, Menoreh, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2021 sampai dengan bulan Juni 2022. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu mixed methods yang merupakan perpaduan antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sensus atau sampling total melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan diskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal yang menjadi kekuatan yaitu kualitas produk baik, harga murah, dan menjalin suatu kemitraan. Faktor internal yang menjadi kelemahan yaitu promosi jarang, pendidikan rendah, produk terjual rendah, dan media pemasaran kurang memadai. Faktor eksternal yang menjadi peluang yaitu pangsa pasar masih terbuka, dan tersedianya fasilitas pemasaran online. Faktor eksternal yang menjadi ancaman yaitu terdapat pesaing usaha, dan pandemi dapat menurunkan permintaan produk. Rumusan alternatif strategi yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan strategi SO (Strengths-Opportunities) yaitu meningkatkan kualitas produk, memperluas pangsa pasar baik lokal maupun ekspor, melakukan pemasaran produk secara online, dan meningkatkan saluran distribusi produk.

Full Text:

PDF

References


BPS. (2020). Produksi Tanaman Biofarmaka (Obat) 2018-2020. Badan Pusat Statistika. https://www.bps.go.id/indicator/55/63/1/produksi-tanaman-biofarmaka- obat-.html

Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional. (2019). Peluang Produk Kunyit. Ekspor Warta. http://djpen.kemendag.go.id

Fikri, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Angkatan Kerja Industri Kecil Di Kota Palopo.

Prastiyo, A., Fathoni, A., & Malik, D. (2018). Strategi Pemasaran Produk Jahe Merah Melalui Analisis Swot Pada Perusahaan Ud. Barokah Ungaran. Jurnal of Management, 02(02), 111.

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia.

Retno, D. A. K. (2018). Strategi pemasaran Obat Herbal, Studi Kasus Pada Perusahaan Obat herbal Jamur Dewa Di kabupaten Malang. 1, 105112.

Soeryoko, H. (2011). Tanaman Obat Paling Berkhasiat Penakluk Asam Urat. CV Andi Offset.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (cetakan ke-21) (2nd ed.). Alfabeta.

Susanthi, P. R. (2017). Analisisi Lingkungan Internal dan eksternal dalam Mencapai Tujuan Perusahaan. Jurnal Elektronik Rekaman, 1(1), 31.

Widakdo, D. S. W. P. J. (2021). Efek Usia dan Tingkat Pendidikan terhadap Kinerja Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian. Jurnal Penyuluhan. https://doi.org/10.25015/1720213161 4




DOI: https://doi.org/10.55259/jiip.v30i2.835

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats